“ Hujan di Kaltara Bukan Karena Badai Tropis Narelle”


“ Hujan di Kaltara Bukan Karena Badai Tropis Narelle”

Oleh : Bony S.P (Meteorologist BMKG Balikpapan)
*Artikel dikirim ke kolom Tribunners TRIBUN KALTIM

  Masih Hangat diingatan kita bahwa beberapa hari terkahir ini berbagai media massa baik elektronik maupun media cetak selalu mengangkat berita tentang cuaca buruk berupa hujan, angin kencang dan gelombang laut tinggi sebagai akibat Badai Tropis Narelle yang tumbuh di perairan selatan Jawa-Bali.

         Namun tidak semua daerah di Indonesia yang mengalami hujan beberapa hari disebabkan karena munculnya badai Tropis Narelle tersebut. Salah satu contohnya adalah Kota kota di Kaltim bagian utara (Sekarang Kaltara).

         Menurut Data beberapa Stasiun Meteorologi yang berada di bawah koordinasi BMKG Balikpapan selaku koordinator di Propinsi Kaltim dan Kaltara, Mulai dari tanggal 10 Januari 2013 beberapa daerah di Kaltim bagian utara (Kaltara) mengalami hujan hampir setiap hari mulai dari Intensitas ringan hingga sedang.

         Stasiun Meteorologi Tarakan mencatat Curah hujan tertinggi pada tanggal 13 Januari 2013 sebesar 67,5mm (Intesitas Lebat), Stasiun Meteorologi Tanjung Redeb mencatat curah hujan tertinggi pada tanggal 10 dan 13 Januari 2013 masing-masing sebesar 19,5mm (Intensitas Sedang), Stasiun Meteorologi Tanjung Selor mencatat curah hujan tertinggi pada tanggal 11 Januari sebesar 46mm (Intensitas Sedang-lebat), Stasiun Meteorologi Nunukan Selor mencatat curah hujan tertinggi pada tanggal 13 Januari 2013 sebesar 9,6mm (Intensitas Ringan), Stasiun Meteorologi Long Bawan mencatat curah hujan tertinggi pada tanggal 11 Januari 2013 sebesar 47,5mm (Intensitas Sedang-lebat).


         Hal ini terjadi bukan karena pengaruh Badai Tropis Narelle di Perairan selatan Jawa-Bali, Melainkan di akibatkan karena munculnya daerah Tekanan Rendah (Low Pressure Area) di perairan sebelah Selatan Filipina (laut Celebes). Hal ini menyebabkan pola Angin 3000feet di sekitar propinsi Kaltara membentuk pola Shearline (Belokan angin). Belokan angin yang muncul ini merupakan salah satu gangguan cuaca yang semakin memicu pertumbuhan awan-awan hujan (awan konvektif) di wilayah Kaltara, selain karena Faktor Pemanasan lokal.

         Karena daerah tekanan rendah (Low Pressure Area) tersebut bertahan hingga beberapa hari, akhirnya menyebabkan pola belokan angin (Shearline) di daerah Kaltara bertahan hingga beberapa hari juga, maka daerah di sekitar Kaltara pun mulai dari tanggal 10 januari 2013 terjadi hujan hampir setiap hari.

         Masih hangatnya Suhu Permukaan laut di Perairan sekitar Kaltara dan perairan sekitar Filipina juga membuat masih seringnya daerah tekanan rendah Muncul di sekitar Perairan Filipina. Tekanan rendah yang Muncul ini yang secara tidak langsung akan mempengaruhi pola angin 3000 feet yang dapat memicu pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar Kaltara. Sehingga dalam beberapa hari belakangan ini dan beberapa hari kedepan wilayah Kaltara masih sering diguyur hujan.

         Bersyukurlah karena kondisi cuaca di Kaltara yang terjadi akibat kemunculan daerah Tekanan Rendah ini tidak se-ekstrim kondisi cuaca yang terjadi di daerah selatan khatulistiwa (Jawa,Bali,Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, KalSel) akibat Badai Tropis Narelle. Walau begitu, masyarakat beserta pemerintah daerah di wilayah Kaltara diharapkan selalu meningkatkan peran serta untuk menjaga kelestarian alam, kebersihan lingkungan dan sistem drainase agar apabila terjadi hujan, maka tidak menimbulkan genangan yang bisa meyebabkan banjir.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar